Organel Sel Hewan dan Fungsinya

Organel Sel Hewan dan Fungsinya

Banner Web IUP

Sel hewan dan fungsinya adalah salah satu bagian hewan yang perlu diketahui. Setiap makhluk hidup memiliki berbagai organ tubuh yang berbeda, begitu juga dengan hewan. Organ dalam tubuh mahluk hidup tersusun atas berbagai jaringan yang merupakan gabungan dari sel yang terhubung dan saling bekerja sama. Jika ditinjau dari bentuknya, sel merupakan bagian terkecil yang ada dalam tubuh, namun sebenarnya di dalam sel masih terdiri dari beberapa organel.

Baca juga : Gambar Sel

Struktur Organel Sel Hewan beserta Fungsinya

Sel hewan dan fungsinya terdiri dari beberapa organel, yaitu:

  1. Membran sel adalah bagian terluar dari sel. Bagian ini merupakan lapisan yang melingkupi seluruh organel yang terkumpul di dalamnya. Bagian ini berfungsi untuk menghasilkan protein dan lemak. Sebagai bagian terluar dari sel, bagian ini berfungsi untuk melindungi organel yang ada di dalamnya, serta menanggapi rangsangan yang berasal dari luar sel.
  2. Ini adalah bagian cairan sel yang di dalamnya berisi larutan berbagai organel. Konsentrasi air yang ada dalam tubuh mempengaruhi bentuk sitoplasma ini menjadi cair atau gel kental. Cairan atau gel inilah yang memiliki fungsi esensial pada proses berlangsungnya metabolisme dalam tubuh hewan.
  3. Mitokondria adalah organel yang memiliki bentuk seperti cerutu yang berukuran besar. Di dalam mitokondria terdapat susunan membran yang berlekuk dan berlapis.
  4. Mikrofilamen adalah organel yang terbentuk dari protein aktin dan miosin, sehingga berbentuk tipis dan halus. Mikrofilamen adalah bagian organel yang mengawasi dan mengatur pergerakan sel agar berjalan dengan sesuai dan baik.
  5. Retikulum endoplasma berbentuk menyerupai benang. Organel ini terletak pada inti sel. Benang ini memiliki dua jenis, yaitu kasar dan halus. Retikulum endoplasma yang kasar melekat pada ribosom, sedangkan yang halus tidak melekat.
  6. Ribosom adalah organel yang berupa kantong yang melekat pada membran. Bagian ini berisi enzim yang berfungsi sebagai sistem pencernaan intraseluler. Ribosom berfungsi untuk menghasilkan protein.
  7. Lisosom adalah organel yang berbentuk kecil namun padat. Di dalam lisosom berisi protein dan RNA ribosom.
  8. Peroksisom merupakan suatu organel berbentuk seperti kantong yang berukuran kecil. Kantong ini di dalamnya mengandung enzim katalase. Peroksisom ini terdapat pada bagian sel ginjal atau hati pada tubuh hewan. Organel ini berfungsi dalam penguraian zat yang ada dalam sel sehingga racun dan zat yang tidak dibutuhkan dapat dibuang.
  9. Sentriol adalah bagian yang berbentuk seperti tabung yang memiliki pasangan yang disebut dengan sentrosom. Bagian ini berperan untuk membentuk silia dan flagela yang menghasilkan benang spindel.
  10. Mikrotubulus adalah sebuah organel sel yang merupakan gabungan dari molekul-molekul protein yang berbentuk seperti silinder yang terdapat pada sitoplasma. Mikrotubulus ini berfungsi dalam pembentukan sel baru dan melindungi seluruh sel.
  11. Aparatus golgi adalah organel yang berbentuk seperti kantong yang pipih
  12. Nukleus adalah inti sel dari sel hewan. Bagian ini adalah bagian yang terpenting karena mengandung informasi genetik suatu hewan
  13. Nukleolus adalah organel yang bertempat pada inti sel. Organel ini erfungsi untuk memproses protein.

Baca juga : Benda Padat

Sel hewan dan fungsinya terdiri dari berbagai organel memiliki bagiannya masing-masing dalam perannya sebagai penunjang sel hewan. Hal ini membuktikan bahwa sebagai bagian yang diakui sebagai partikel terkecil dalam tubuh pun masih terdiri dari beberapa bagian yang memiliki susunan yang kompleks. Sehingga, sel sebagai salah satu bagian dari tubuh hewan dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Banner Web IUP
Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *