Ketahui Syarat Masuk IUP UGM dan Informasi Penting Lainnya

Syarat masuk IUP UGM harus dipenuhi untuk bisa diterima di kelas Internasional ini. Sebagai salah satu kampus bergengsi di Indonesia yang telah meluluskan alumni yang sukses. Perguruan tinggi yang ada di Yogyakarta ini memiliki banyak pilihan jurusan yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan keinginan.

Selain kelas regular, UGM juga menyediakan kelas IUP (International Undergraduate Program). Ini merupakan pilihan kelas di mana mahasiswa akan mendapatkan fasilitas belajar yang berbeda dari kelas regular, seperti proses belajar menggunakan full Bahasa Inggris, pengajar dari dosen internasional, adanya kegiatan Exposure, dan masih banyak lagi lainnya. Bagi Anda calon mahasiswa UGM yang ingin masuk ke kelas Internasional ini, berikut adalah syarat yang harus dipenuhi.

Syarat Masuk Kelas Internasional (IUP) UGM

Syarat masuk IUP UGM antara lain lulusan tahun 2020, 2019, dan 2018 dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat, dan dari International Baccalaureate. Jalur pendaftaran IUP berbeda dengan jalur masuk perguruan tinggi seperti, SNMPTN atau SBMPTN. Jalur masuk ini disebut dengan Intake IUP. Maksudnya, terdapat tiga gelombang yang ada setiap tahunnya.

Proses seleksi IUP berbeda-bea tergantung dengan program studi yang diambil. Namun, secara umum terdapat dua bagian ujian. Pertama, tes tulis TOEFL dengan skor minimal 500/550, GMST (Gadjah Mada Scholastic Test), dan tes TPA Bahasa Inggris. Apabila lolos tes tersebut, maka calon mahasiswa dapat melanjutkan ke tahapan wawancara dan Focus Group Discussion. Untuk dapat lolos semua tes tersebut, maka Anda harus mempersiapkan diri dengan belajar giat. Anda bisa mengikuti les private online yang lebih mudah dan efisien.

Baca juga : Biaya IUP UGM Matematika

Materi Dalam Tes Masuk IUP UGM

Jika Anda merasa sudah memenuhi persyaratan masuk ke kelas internasional, langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja materi yang akan diujikan dalam tes masuk IUP UGM. Selain tiga tes (TOEFL, GMST, dan TPA Bahasa Inggris) ada jenis ujian yang dikelompokkan menjadi tiga kategori.

Pertama, Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (SAINTEK), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (SOSHUM), dan Kelompok Ujian Campuran (SAINTEK dan SOSHUM). Tiga jenis ujian ini dapat Anda pilih sesuai dengan minat dan jurusan yang diambil.

Persiapan Masuk Kelas IUP UGM

Hal-hal yang bisa Anda siapkan dalam menghadapi ujian masuk IUP ini antara lain, pertama, kuasai Bahasa Inggris yang baik. Anda bisa mengambil kelas TOEFL untuk mematangkan kemampuan Bahasa Inggris. Karena ini adalah kelas internasional, maka proses belajar mengajar dan materi akan disampaikan menggunakan Bahasa Inggris.

Baca juga : Biaya IUP UGM HI

Selanjutnya, siapkan semua berkas persyaratan. Selain itu, pahami budaya luar negeri. Hal ini dikarenakan mahasiswa di kelas internasional akan berasal dari berbagai negara di dunia. Tentu, akan memiliki budaya, cara bergaul, dan lainnya yang berbeda. Agar tidak terjadi culture shock, Anda bisa belajar tentang budaya dan pergaulan dari orang luar negeri begitupun sebaliknya sebagai WNA juga harus belajar dan menghormati budaya lokal. Hal lain yang harus disiapkan adalah biaya. Kelas IUP UGM memiliki biaya yang lebih mahal dibandingkan kelas regular (2x lipat).

Memilih kelas internasional tentu memiliki kelebihan tersendiri. Anda akan memiliki pengalaman yang lebih, seperti adanya program Exposure di mana Anda bisa mengambil course di Universitas tujuan di luar negeri. Selain itu, Anda akan mendapatkan double degree dari UGM dan Kampus tujuan tersebut.

Syarat masuk IUP UGM dan jadwal penerimaan mahasiswa baru dapat Anda lihat di website resmi UGM. Nah. jika Anda ingin lolos dalam tes, Anda bisa mengikuti bimbel secara online  melalui situs https://iup-ugm.com. Di sini juga tersedia modul terlengkap yang pastinya akan membantu Anda untuk menjalani tes. Selain itu, ada pilihan program menarik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Penasaran? Yuk langsung cek websitenya sekarang!

Kontak Kami

Leave a Comment