Besaran Pokok Lengkap Dengan Definisi dan SI

Besaran Pokok Lengkap Dengan Definisi dan SI

Banner Web IUP

Besaran pokok adalah satuan dalam pelajaran fisika yang perlu anda ketahui sebelum mengenal lebih jauh lagi tentang ilmu fisika. Jika terdapat besaran pokok ada juga besaran turunan. Nah kedua besaran ini sangat penting dalam keseharian kita. Misalnya saja tahukah anda perbedaan antara jalan kaki dengan kecepatan 2 km / jam dengan naik sepeda dengan kecepatan 20 km/jam.

Anda tentunya bisa membedakannya dengan menghitung perbedaan dari masing-masing kecepatan uang dimiliki. Untuk menghitung anda butuh rumus yang nantinya berkaitan dengan besaran pokok. Untuk lebih jelasnya mari kita kupas tuntas tentang besaran pokok.

Pengertian Besaran

Besaran pokok yaitu besaran yang satuannya telah didefinisikan dahulu sebelum pada akhirnya dijabarkan dari besaran lainnya. Sesuai dengan kesepakatan para ahli fisika di seluruh dunia. Telah ditetapkan tujuh besaran pokok yang ada dalam fisika. Berikut inilah besaran pokoknya

NoBesaran PokokSatuan SISingkatan
1PanjangMeterm
2MassaKilogramKg
3WaktuSekons
4Kuat Arus listrikAmpereA
5SuhuKelvinK
6Intensitas cahayaKandelaCd
7Jumlah zatMolmol

Baca juga : Pesawat Sederhana

Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada paragraf selanjutnya

  1. Panjang

Besaran yang digunakan untuk mengukur panjang benda . Satuan internasional panjang yaitu meter (m)  dengan dimensi (L). Satu meter dapat didefinisikan sebagai jarak yang digunakan oleh cahaya dalam ruangan hampa selama 1/299.792.458 sekon.

Banner Web IUP
  1. Massa

Besaran yang digunakan untuk mengukur massa atau kandungan materi benda. Satuan internasional massa yaitu kilogram (kg)  dengan dimensi (m). Untuk massa yang memiliki jumlah satu kilogram dapat diartikanjuga massa tersebut memiliki massa silinder logam.

  1. Waktu

Besaran yang memiliki fungsi untuk mengukur waktu pada suatu peristiwa ataupun kejadian. Contohnya stopwatch digunakan untuk mengukur seberapa cepat pelari. Satuan internasional waktu yaitu sekon (s)  dengan dimensi (T). Satu sekon dapat didefinisikan sebagai selang waktu yang dibutuhkan untuk atom Zayn -133 dapat bergerak sebanyak 9.192.631.770 kali.

  1. Kuat arus listrik

Kuat arus dimanfaatkan untuk mengukur arus listrik dari satu tempat ke tempat lainnya. Satuan internasionalnya yaitu Ampere (A) dan berdimensi [I] . Unyuk satu ampere dapat didefinisikan sebagai kiat arus yang dibutuhkan untuk dapat memindahkan satu muatan coulomb pada setiap detiknya.

  1. Suhu

Besaran suhu digunakan untuk mengukur panas pada suatu benda. Satuan internasional suhu yaitu Kelvin (K).  Alat yang digunakan untuk mengukur suhu yaitu termometer.

Baca juga : Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

  1. Intensitas cahaya

Besaran yang digunakan untuk mengukur terang atau tidak cahaya yang jatuh pada benda tersebut. Satuan internasional yaitu candela (cd). Adapun satu candela dapat didefinisikan sebagai intensitas pancaran radiasi monokromatik yang berfrekuensi 540 x 1012 dan memiliki intensitas radian 1/683 watt per radian.

  1. Jumlah zat

Besaran ini digunakan untuk dapat mengukur jumlah partikel yang ada pada benda tersebut. Jumlah zat ini memiliki satuan internasional (SI)  yaitu mol dan dimensi (N). Untuk satu mol dapat didefinisikan sebanding dengan banyak karbon -12

Besaran Turunan

Besaran turunan selalu dikaitkan dengan besaran pokok karena besaran turunan adalah kombinasi dari besaran pokok. Jumlah besaran turunan memiliki jumlah yang sangat banyak. Anda dapat mengenal luas merupakan kombinasi dari peekalia besaran pokok yaitu panjang.

Massa jenis juga merupakan kombinasi dari besaran massa yang dibagi dengan besaran turunan yaitu volume. Kecepatan juga termasuk kombinasi dari besaran pokok panjang yang dibagi dengan besaran pokok waktu. Masih baha lagi kombinasi dari besaran turunan yang menggunakan besaran pokok. Oleh karena itu keduanya saling berkaitan.

Demikian tadi Besaran pokok beserta rumus dan penjelasannya yang bisa nada jadikan referensi untuk belajar fisika bagi pemula. Untuk anda yang mulai menyukai fisika penting juga untuk mengetahui besaran pokok karena itu adalah dasar perhitungan selanjutnya.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *