Pengertian Sejarah dan Pentingnya Mempelajari

Pengertian Sejarah dan Pentingnya Mempelajari

Jika Anda mencari arti dari pengertian sejarah dalam kamus, Anda mungkin akan terkejut saat mengetahui bahwa sejarah bukanlah hanya masa lalu itu sendiri. Arti pertama dari kata sejarah adalah “dongeng, cerita,” dan arti kedua adalah “catatan kronologis dari peristiwa-peristiwa penting masa lalu.”

Ketika Anda mempelajari sejarah, maka Anda a terlibat dalam cabang pengetahuan yang mencatat dan menjelaskan peristiwa masa lalu. Banyak yang akan mengatakan bahwa sejarah bukan hanya salah satu cabang ilmu di antara yang lain, tetapi yang paling esensial karena merupakan cerita lengkap tentang usaha manusia. Berikut adalah pengertian lebih detail mengenai kata sejarah.

Pengertian Sejarah

Kata sejarah atau history berasal dari bahasa Yunani yang artinya mengetahui. Fokus utama sejarah adalah hubungan antara kontinuitas dan perubahan, dan penting bagi anak-anak untuk memahami perbedaan yang terjadi di antara mereka. Misalnya, populasi masyakarat Indonesia telah berubah secara dramatis dari waktu ke waktu dengan setiap gelombang imigrasi.

Dengan masuknya kelompok-kelompok baru ini ke dalam masyarakat Indonesia, hal ini membawa ide, keyakinan, dan budaya mereka sendiri. Demokrasi Indonesia terus berlanjut dan tumbuh lebih kuat.

Demokrasi di Indonesia terus berfungsi sesuai dengan tujuan awalnya, yakni untuk menjaga nilai-nilai dasar kebebasan dan kesetaraan manusia, bahkan ketika makna dan efek dari nilai-nilai ini berubah.

Baca juga : Persatuan dan Kesatuan

Sejarah yang paling  dikenal orang adalah sejarah politik, kisah perang, perjanjian damai, dan perubahan pemerintahan. Tapi apapun yang memiliki masa lalu artinya hal itu memiliki sejarah.  Termasuk dengan sejarah gagasan, misalnya konsep kebebasan, dan sejarah budaya, misalnya sejarah musik.

Kisah sejarah menarik bagi banyak orang karena menceritakan tentang orang-orang nyata yang memiliki ide dan keyakinan, bekerja dan berjuang untuk mewujudkannya, dan membentuk masa kini di mana semua orang berada.

Pentingnya Mempelajari Sejarah

Sumber dan literatur asli adalah pengalaman nyata. Sejarah adalah pekerjaan langsung. Melakukan sejarah berarti mengajukan pertanyaan tentang peristiwa dan karakter; mencari tanda-tanda sejarah negara ini, berbicara dengan orang lain tentang peristiwa terkini dan yang lampau.

 Pengertian sejarah adalah studi tentang masa lalu, khususnya orang, masyarakat, peristiwa dan masalah masa laluserta upaya untuk memahaminya. Sejarah adalah hal umum bagi semua masyarakat manusia. Ada beberapa alasan mengapa sejarah itu penting untuk dipelajari, di antaranya adalah :

  1. Menceritakan Kembali kepada Anak-anak

Peristiwa manusia terjadi dalam waktu, satu demi satu. Penting untuk mempelajari urutan peristiwa untuk melacaknya, merekonstruksinya, dan merangkai cerita yang menceritakan hubungan mereka. Anak-anak perlu mempelajari ukuran waktu, seperti tahun, dekade, generasi, dan abad.

Baca juga : Hukum Ohm

Ketika mereka mendengar “Dahulu kala dalam sejarah” mereka perlu bertanya “Kapan itu terjadi ?,” dan untuk mengetahui jawabannya, maka Anda perlu belajar sejarah.

  1. Mempelajari Perubahan Peristiwa dalam Rentang Waktu

Waktu dalam sejarah adalah sejenis hubungan. Anda dapat melihat beberapa peristiwa yang semuanya terjadi pada waktu yang sama, dan bersama-sama menceritakan sebuah cerita tentang periode itu. Atau Anda dapat melihat perkembangan sebuah ide dari waktu ke waktu, dan mempelajari bagaimana dan mengapa itu berubah.

  1. Menjadi Pembelajaran

Anda bisa mempertimbangkan hubungan antara masa lalu dan masa kini, atau masa depan dan masa lalu. Saat ini adalah hasil dari pilihan yang dibuat orang dan keyakinan yang mereka pegang di masa lalu.

Sementara masa lalu, dalam beberapa cara dibuat ulang di masa sekarang. Masa depan akan menjadi hasil dari berkumpulnya beberapa bidang yang berkembang dahulu dan saat ini dari sejarah yang ada.

Pengertian sejarah sekarang dipahami lebih dari sekedar menghafal nama dan tanggal. Meskipun kemampuan untuk mengingat detail orang dan peristiwa hebat itu penting, kenikmatan sejarah ditingkatkan dengan terlibat dalam aktivitas dan mengalami sejarah sebagai “cerita yang diceritakan dengan baik.”

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Pengertian Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan adalah kata yang hampir sama namun sebenarnya berbeda. Tapi apa sih sebenarnya pengertian dari persatuan dan kesatuan itu? Apa perbedaan dari kedua kata yang sama-sama mendapatkan imbuhan di awal dan di depan kata “satu”? Untuk memahami dua kata ini, berikut adalah penjelasan mengenai persatuan dan kesatuan.

Pengertian Persatuan

Persatuan adalah kata yang mendapat imbuhan “per-an”. Persatuan mengacu pada berkumpulnya semua orang dalam satu tujuan. Di dalamnya, orang percaya berkumpul di lokasi geografis yang sama. Proses persatuan ini membawa kesatuan antara satu orang dengan yang lain.

Persatuan merupakan hubungan sementara yang didasarkan pada kepentingan bersama dan kesatuan melampaui satu peristiwa karena kepentingan bersama.

Kata persatuan menyatakan rasa untuk bersatu dan menjadi satu kesatuan. Persatuan merupakan kata benda yang sering digunakan untuk mengungkapkan kekuatan bersama sebuah Negara atau hampir sama dengan makna harmoni.

Baca juga : Hukum Ohm

Persatuan adalah keadaan atau kualitas yang disatukan dalam keseluruhan estetika, seperti dalam sebuah karya sastra.

Kata ini memiliki  pengertian yakni :

  1. Kelengkapan atau totalitas yang tidak terbagi atau tidak terputus dengan tidak ada yang menginginkan permainan.
  2. Bilangan bulat terkecil atau angka yang mewakili permainan angka
  3. Kualitas menjadi satu
  4. Kata benda tunggal yang menunjukkan keteguhan tujuan atau tindakan yang selalu kontinu.

Pengertian Kesatuan

Sementara kesatuan memiliki arti hasil dari terciptanya rasa persatuan yang tidak lagi terpisahkan. Adanya kesatuan ini merupakan efek dari persatuan yang akhirnya menghasilkan sebuah hubungan atau ikatan yang begitu erat dan sulit untuk terpisahkan.

Seperti halnya hubungan, kesatuan dapat dialami pada tingkat mikro, di mana batas antara Anda dan orang lain lebih luas lagi ketika Anda merasa seolah-olah Anda bersatu. Kesatuan bisa berupa gelombang perasaan dan kesadaran sesaat yang melewati Anda  atau pengalaman yang berdampak dan mengubah hidup, di mana Anda tiba-tiba melihat kebenaran dari segalanya, dan makna hubungan menjadi nyata.

Baca juga : Majas Metafora

Berikut adalah beberapa deskripsi umum lainnya tentang kesatuan :

  1. Pengalaman merasakan kedekatan dan kesatuan dengan semua yang ada di sekitar Anda.
  2. Kesadaran bahwa orang lain memiliki banyak mimpi dan sakit yang sama dengan yang Anda miliki.
  3. Perasaan bahwa Anda selaras dengan alam semesta, dan bernapas melalui paru-paru bumi
  4. Merasa selaras sepenuhnya dengan pemahaman tentang setiap makhluk hidup.
  5. Keadaan tidak menginginkan atau membutuhkan apa pun.
  6. Pengetahuan yang mendalam bahwa semuanya akan baik-baik saja.
  7. Perasaan bahwa segala sesuatu saling terkait dan segala sesuatu yang Anda lakukan berdampak pada dunia.

Perbedaan Persatuan  Kesatuan

Berikut ini adalah tujuh perbedaan antara persatuan dan kesatuan:

  1. Persatuan adalah proses. Kesatuan adalah produknya.
  2. Persatuan bergantung pada suatu peristiwa. Kesatuan melampaui suatu peristiwa dan menyatukan orang.
  3. Dalam persatuan, orang berkumpul untuk kepentingan bersama. Dalam kesatuan, orang diintegrasikan untuk sebuah tujuan.
  4. Persatuan adalah caranya. Kesatuan adalah akhir.
  5. Persatuan adalah bagaimana semua orang harus memulai. Kesatuan adalah bagaimana semua orang harus menyelesaikannya.
  6. Persatuan dibangun di atas dorongan. Kesatuan dibangun di atas tujuan.
  7. Persatuan melepaskan momentum sementara. Kesatuan menciptakan sinergi yang memaksimalkan tujuan.

Dari penjelasan mengenai kata persatuan dan kesatuan yang telah dijelaskan di atas, sudahkah Anda mengetahui apa pengertiannya. Apakah Anda juga sudah tahu apa yang membedakan kedua kata tersebut? Jika disimpulkan persatuan dan kesatuan adalah dua hal yang tidak terpisahkan dalam menggambarkan suatu kebersamaan yang memiliki tujuan.

Pengertian Hukum Ohm dan Rumusnya

Pengertian Hukum Ohm dan Rumusnya

Hukum Ohm adalah salah satu hukum paling fundamental untuk teori kelistrikan. Rumus atau persamaan Hukum Ohm menghubungkan tegangan dan arus ke sifat-sifat konduktor, yaitu resistansinya dalam suatu rangkaian. Seperti apa sih pengertian dari Hukum Ohm dan bagaimana hukum ini ditemukan serta bagaimana rumusnya?

Pengertian Hukum Ohm

 Hukum Ohm adalah salah satu hukum paling mendasar dan penting untuk mengatur rangkaian listrik dan elektronik. Hukum ini berkaitan dengan arus, tegangan, dan hambatan untuk perangkat linier, sehingga jika dua diketahui, yang ketiga dapat dihitung.

Dengan arus, tegangan, dan resistansi menjadi tiga dari jumlah rangkaian utama, maka Hukum Ohm juga sangat penting. Hukum Ohm digunakan untuk menghitung nilai resistor yang diperlukan dalam rangkaian, dan juga dapat digunakan untuk menentukan arus yang mengalir dalam rangkaian di mana tegangan dapat diukur dengan mudah melintasi resistor yang diketahui.

Lebih dari itu, Hukum Ohm juga digunakan dalam sejumlah besar kalkulasi dan dalam segala bentuk rangkaian listrik dan elektronik  bahkan di mana pun arus itu mengalir. Hukum Ohm menjelaskan cara arus mengalir melalui material ketika berbagai level tegangan diterapkan.

Beberapa bahan seperti kabel listrik menghadirkan sedikit hambatan terhadap aliran arus dan jenis bahan ini disebut konduktor. Oleh karena itu, jika konduktor ini ditempatkan tepat di seberang baterai misalnya, banyak arus akan mengalir.

Baca juga : Majas Metafora

Dalam kasus lain, bahan lain mungkin menghalangi aliran arus, tetapi masih memungkinkan beberapa bahan lain. Dalam rangkaian listrik, komponen ini sering disebut resistor dan ada bahan lain yang tidak ada arus sekalipun yang kemudian disebut isolator.

Hukum ini menyamakan situasi listrik dengan aliran air dalam pipa. Tegangan diwakili oleh tekanan air pipa, arus diwakili oleh jumlah air yang mengalir melalui pipa, dan terakhir resistansinya setara dengan ukuran pipa.

Dapat dibayangkan bahwa semakin lebar pipa maka semakin banyak air yang mengalir. Ohm menentukan bahwa untuk bahan normal, menggandakan tegangan menggandakan aliran arus untuk komponen tertentu. Material yang berbeda atau material yang sama dengan bentuk yang berbeda akan menghadirkan tingkat hambatan yang berbeda terhadap aliran arus.

Hukum Ohm menyatakan bahwa arus yang mengalir dalam suatu rangkaian berbanding lurus dengan beda potensial yang diterapkan dan berbanding terbalik dengan resistansi dalam rangkaian. Dengan kata lain dengan menggandakan tegangan di sirkuit, arus juga akan berlipat ganda. Namun jika resistensinya digandakan, arus akan turun setengahnya.

Penemuan Hukum Ohm

Ada hubungan matematis yang menghubungkan arus, tegangan dan hambatan. Seorang ilmuwan Jerman bernama Georg Ohm melakukan banyak percobaan untuk menunjukkan hubungan antara ketiganya. Pada hari-hari ketika dia melakukan percobaan, tidak ada meteran seperti yang manusia kenal sekarang.

Baca juga : Tokoh Sumpah Pemuda

Namun dengan usaha dan kerja keras, maka ia kemudian berhasil menemukan apa yang Anda kenal sekarang sebagai Hukum Ohm. Georg Ohm sendiri lahir di Erlangen, sekitar 50 mil utara Munich pada tahun 1879.

Georg Ohm kemudian menjadi salah satu orang yang menyelidiki banyak tentang ilmu baru yang terkait dengan listrik, menemukan hubungan antara tegangan dan arus dalam sebuah konduktor. Hukum  ini kemudian dinamai Hukum Ohm, untuk menghormati penemuan yang dia lakukan.

Rumus Hukum Ohm

Rumus atau persamaan Hukum Ohm sangat mudah. Hukum Ohm dapat diekspresikan dalam bentuk matematika:

V = IR

Dimana:

    V = tegangan dinyatakan dalam Volt

    I = arus yang dinyatakan dalam Amp

    R = resistansi dinyatakan dalam Ohm

Bagaimana? Sudahkah Anda memahami apa sih Hukum Ohm dan seperti apa rumusnya? Untuk anak IPA Hukum Ohm ini sudah menjadi rumus wajib untuk dihafal ya? Jadi, pelajari dengan sebaik mungkin.

Pengertian Majas Metafora Beserta Contohnya

Pengertian Majas Metafora Beserta Contohnya

Apa itu majas metafora? Majas metafora adalah kiasan yang membandingkan dua hal yang berbeda dengan mengaitkan satu hal dengan yang lain seperti sama. Perbandingan dalam sebuah metafora dapat dinyatakan secara eksplisit, seperti pada kalimat “Cinta adalah medan perang”.

Bisa juga majas metafora membuat persamaan antara dua hal yang berbeda secara implisit, seperti “Dia terluka oleh cinta.” Perbandingan yang dibuat oleh metafora tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Sebaliknya, metafora bersifat kiasan dan menciptakan makna di luar makna literal kata-katanya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian dan contohnya :

Pengertian Majas

Metafora adalah kiasan yang digunakan untuk membuat perbandingan antara dua hal yang tidak sama tetapi memiliki kesamaan. Berbeda dengan perumpamaan, di mana dua hal dibandingkan secara langsung menggunakan suka atau sebagai.

Perbandingan metafora lebih tidak langsung, biasanya dibuat dengan menyatakan sesuatu adalah sesuatu yang lain. Metafora sangat ekspresif, tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Anda mungkin harus berpikir sedikit untuk menemukan maknanya dalam sebuah metafora.

Misalnya, sungai dan air mata tidak begitu sama, yang satu adalah air di alam, sedangkan yang lainnya air yang diproduksi oleh mata manusia. Namun, keduanya memiliki satu kesamaan: keduanya adalah jenis air yang mengalir. Metafora menggunakan kesamaan ini untuk membantu penulis membuat poin:

Baca juga : Tokoh Sumpah Pemuda

“Air matanya seperti sungai yang mengalir di pipinya.”

Nah, karena sungai jauh lebih besar daripada sedikit air mata, metafora adalah cara kreatif untuk mengatakan bahwa orang tersebut banyak menangis. Metafora membantu penulis dan penyair menyampaikan maksud dengan cara yang lebih menarik.

Metafora adalah salah satu kiasan yang paling umum digunakan oleh penulis sepanjang sejarah dan di seluruh dunia. Majas metafora juga umum sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari baik itu dalam bentuk tulisan, dari fiksi naratif, puisi, hingga tulisan persuasif.

Metafora adalah sejenis analogi perbandingan antara dua hal atau ide. Sebenarnya ada dua definisi metafora yang diterima, satu yang cukup luas, dan yang satu lebih spesifik. Definisi yang lebih luas mencakup semua jenis perbandingan atau gabungan, dan di bawah payung itu termasuk kiasan lain, seperti perumpamaan.

Misalnya, cinta sebenarnya adalah medan pertempuran atau bahwa orang tersebut benar-benar mendapat luka fisik karena cinta. Daripada dimaknai dengan bagaimana cinta bisa menyakitkan, perjuangan, bahkan pertikaian antara lawan, maka kalimat cinta adalah medan pertempuran lebih bisa dipahami cara baru seseorang dalam memandang cinta.

Baca juga : Pengertian Etika

Contoh dari Majas Metafora

Menguasai majas metafora sangat penting untuk menulis puisi dan prosa agar lebih hidup dan menyenangkan. Selain itu, memahami penggunaan metafora is akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami tema spesifik yang ada di seluruh karya sastra.

Metafora sering muncul dalam puisi cinta seperti ini, salah satu alasannya adalah bahwa pencinta atau narator berusaha mengungkapkan pengalaman cinta yang tunggal dan unik dalam istilah yang dapat dipahami oleh pembaca.

Misalnya, dalam tulisan Shakespeare yang menceritakan kisah Romeo dan Juliet di mana Romeo selalu membandingkan Juliet dengan matahari. Mengapa Juliet dibandingkan dengan matahari? Nah, karena Shakespeare menyadari bahwa sebagian besar pembaca akrab dengan keindahan matahari yang menakjubkan, dan oleh karena itu akan lebih mampu membayangkan keindahan Romeo. Kekaguman yang mendalam untuk Juliet ini digambarkan melalui perbandingan metafora.

  1. Matamu telah membakar hati manusia
  2. Tari pulang dari Jogja membawa buah tangan
  3. Tangisan kita yang hancur dan kesedihan kita akan terukir di langit semesta
  4. Kasus pertikaian Rian dan Adi akan dibawa ke meja hijau

Secara garis besar, majas metafora dipahami sebagai kiasan, bukan pernyataan faktual. Anda harus memahami makna di balik kata yang digunakan dalam majas metafora.

Tokoh Sumpah Pemuda Paling Utama dalam Kongres 1928

Tokoh Sumpah Pemuda Paling Utama dalam Kongres 1928

Bulan Oktober menjadi bulan penting sejak 1928 yang menjadi rangkaian peristiwa dalam proses kemerdekaan Indonesia berkat tokoh sumpah pemuda. Bagaimana tidak, semangat para pemuda pada zamannya itu masih terasa hingga sekarang bahkan menjadi salah satu alasan tokoh sepuh berani mendeklarasikan kemerdekaan.

Meski masih muda, banyak pemuda Indonesia saat itu bersikeras untuk memperjuangkan kemerdekaan dengan memberanikan diri mengadakan kongres Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Saking panasnya semangat beliau-beliau saat itu, peristiwa yang berlangsung pada tanggal 27-28 Oktober tersebut dijadikan hari bersejarah dan diperingati hingga kini. Ada banyak tokoh pemuda pilihan yang berperan dalam peristiwa tersebut, namun inilah 5 tokoh utamanya.

Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito
Soegondo Djojopoespito

Soegondo memiliki peran yang cukup penting, bagaimana tidak ia adalah Ketua Kongres Kedua Sumpah Pemuda. Dipilih langsung oleh Mohammad Hatta dan Ir. Soekarno karena Soegondo terlihat aktif dalam kegiatan kepemudaan khususnya dalam menyuarakan kemerdekaan. Pemuda ini aktif dalam Persatuan Pemuda Indonesia (PPI) dan semakin eksis setelah di organisasi Perhimpunan Indonesia.

Tak lama setelah itu, pemuda kelahiran Tuban, 22 Februari 1905 ini mendirikan organisasi pelajar dan mahasiswa untuk menguatkan suara kemerdekaan. Organisasi ini diketuai oleh Sigit namun di tahun berikutnya Soegondo sendiri yang memimpin organisasi tersebut.

Baca juga : Pengertian Etika

Perannya semakin terus dikenang hingga sekarang bukan hanya karena menjadi Ketua Kongres II Sumpah Pemuda, namun juga karena keberhasilannya memimpin kongres maka terumuslah moto Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa Indonesia muncul. Moto ini yang terus didengung-dengungkan hingga kini dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Mohammad Yamin

Mohammad Yamin
Mohammad Yamin

Namanya juga tidak asing di telinga karena sering disebut dalam buku sejarah sebagai salah satu dari 3 perumus Dasar Negara. Pemuda ini dikenal sebagai sasterawan yang karyanya telah banyak populer seperti Tanah Air, Indonesia Tumpah Darahku hingga Tan Malaka. Mohammad Yamin rupanya menjadi salah satu kandidat sebagai Ketua Kongres namun karena dirinya termasuk anggota Jong Sumatra dan dikhawatirkan tidak netral maka Soegondolah yang terpilih.

Namun, meski tidak terpilih sebagai ketua, Moh. Yamin menjabat sebagai Sekretaris dalam Kongres bersejarah itu. Dalam kongres ini pula, peran Moh. Yamin juga tak boleh diremehkan, pemuda kelahiran Sawahlunto, 23 Agustus 1903 inilah yang mengusulkan resolusi yaitu Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa Indonesia.

Baca juga : Pancasila sebagai Ideologi Negara

Wage Rudolf Soepratman

Wage Rudolf Soepratman
Wage Rudolf Soepratman

Tokoh sumpah pemuda satu ini juga sering kita dengan. Beliau adalah pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lagu ini pertama kali diperdengarkan dalam Kongres II tersebut setelah pertimbangan yang cukup berat oleh Ketua Kongres Soegondo. Hal ini sangat dipertimbangkan sebelumnya karena kongres dijaga ketat oleh pihak Kepolisian Belanda yang sangat sensitif mendengar kata Merdeka dan khawatir kongres dibubarkan bahkan terjadi penangkapan.

Namun, putra ketujuh dari 9 bersaudara ini meminta untuk mendengarkan sekali saja hasil karyanya di depan peserta kongres. Dengan trik yang lihai dan diplomatis, Soegondo pun mengizinkan dengan lagu kebangsaan tersebut diperdengarkan melalui lantunan biola. Peserta kongres yang hadir merasa sumringah dan benar-benar takjub dengan lagu yang penuh makna tersebut.

Itulah tokoh sumpah pemuda yang namanya masih dikenang hingga saat ini. Kita sebagai generasi penerus bangsa ini tentu wajib menghargai setiap perjuangan tokoh-tokoh tersebut. Caranya dengan kemampuan dan keahlian kita masing-masing. Menjadi warga negara yang cinta tanah air, memajukan serta mengharumkan nama daerah dan bangsa dengan cara masing-masing. Ingat kata Soekarno, “Jas Merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah!