Pembelahan Mitosis Lengkap Dengan Penjelasannya

Pembelahan Mitosis Lengkap Dengan Penjelasannya

Banner Web IUP

Pembelahan mitosis bisa anda pelajari dengan mudah setelah mengetahui penjelasan lebih detail lagi yang akan dibahas pada paragraf selanjutnya. Tahukah anda jika sifat atau guru antara kamu dan orangtuamu itu ada kemiripan. Walaupun tidak sama persis tapi pastinya anda kemiripan entah hidung mata alis warna kulit ataupun yang lainnya.

Setiap individu ataupun anak pastinya mirip dengan orang tuanya bahkan ada juga yang sama. Jika dilihat seperti cetakan mesin fotokopi yang sama persis. Hal tersebut merupakan sifat ataupun ciri yang diwariskan oleh orang tua pada anaknya. Peristiwa penurunan sifat orang tua pada anaknya dinamakan hereditas.

Adanya proses pewarisan sifat orang tua ini tentunya tidak terlepas dari dua macam pembelahan yaitu pembelahan mitosis dan meiosis. Sel-sel dari hasil pembelahan tersebut nantinya akan memiliki DNA yang didalamnya terdapat materi genetik. Sifat yang dkhasilakn bisa sam peraia ataupun campuran dari keduanya.

Pengertian Mitosis

Jika anda ingin mempelajari Pembelahan mitosis maka anda harus mengetahui definisinya terlebih dahulu. Mitosis yaitu peristiwa pembelahan awal yang nantinya akan menghasilkan dua sel anakan yang memiliki jumlah kromosom sama dengan jumlah kromosom induknya.

Pembelahan mitosis ini hanya akan terjadi pada sel yang memiliki inti sel atau nukleus, mitokondria,membran inti sel. Sel prokariotik tidak memiliki nukleus sehingga tidak dapat melakukan pembelahan mitosis. Sedangkan sel eukariotik memiliki nukleus dan yang lainnya sehingga dapat melakukan pembelahan mitosis.

Baca juga : Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Banner Web IUP

Adanya proses pembelahan mitosis ini hanya akan terjadi pada sel – sel tubuh atau somatis kecuali pada sel gamet (kelamin). Jika pada tumbuhan pembelahan mitosis ada pada bagian jaringan maristem swprtinhaknta ujung Batang dan ujung akar. Pembelahan mitosis ink memilih fungs untuk memicu pertumbuhan sel tubuh, mempertahankan jumlah kromosom mengganti sel yang sudah tidak atau meregenerasi.

Tahap Pembelahan Sel Mitosis

Terdapat 4 tahap dalam pembelahan mitosis diantaranya yaitu

  1. Profase
  2. Metafase
  3. Anafase
  4. Telofase

Sebelum terjadi 4 tahap tersebut terdapat lagi fase pendahuluan yaitu interfase atau bisa disebut sebagai fase persiapan pembelahan.

  • Fase interfase

Pada proses persiapan pembedahan ini allah akan mempersiapkan dan juga menimbun energi. Fase interfase ini memiliki waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan fase lainnya. Pada interfase ini nukleus atau sel inti dan nukleolus (anak sel inti)  akan terlihat jelas. Hanya saja kromosom pada sel tersebut belum terlihat karena masih dalam bentuk kromatin.

Apa itu kromatin? Yaitu benang-benang halus yang merupakan susunan dari molekul DNA, RNA dan protein. Pada bagian luar terdapat sentrosom atau organel sel yang memiliki fungsi untuk bisa mempertahankan jumlah kromosom dari sel induk dan sel anaka selama pembelahan berlangsung. Pada interfase terdapat 3 bagian yaitu

  1. Fase G1
  2. Fase S
  3. Fase G2

Baca juga : Rumus Gaya

  • Profase

Pada fase ini terdapat perubahan pada sitoplasma dan nukleus benang -benang kromatin mulai menebal dan memendek sehingga membentuk kromosom. Pada setiap lengan kromosom terbentuk dua kromatid yang terikat pada sentromer. Nukleus dan membran menghilang digantikan oleh spindel. Akhir dari fase ini guaty kromosom yang berjumlah double dan menjelang telah menempatkan diri pada bidang ekuator sel.

  • Metafase

Benang-benang spindel inu menghubungkan konektor yang ada pada sentromer ke sentrosom. Setelahnya pasangan kromatid tersebut akan mulai bergerak menuju kebagian inti sel pada bidang ekuator yang selanjutnya akan terbentuk lempeng metafase.

  • Anafase

Fase pemisahan kromatid yang ada di sinetron yang nantinya akan membentuk kromosom baru. Setelahnya masing-masing kromosom akan ditarik oleh benang spindel menuju kutub yang saling berlawanan. Jumlah kromosom antara kutub yang berlawanan ini sama.

  • Telofase

Pada fase ini kromosom akan berubah menjadi benang kromatin setelahnya membran inti dan nukleus akan terbentuk kembali. Terjadi sitokinesis (pembagian sitoplasma) pada akhirnya menghasilkan dua sel yang identik dengan indukan.

Pembelahan mitosis sudah dijelaskan dengan detail dan jelas bukan? Jadi anda sekarang bisa mengerti kenapa anak itu bisa mirip dengan kedua orang tuanya.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *