Rincian Biaya IUP UGM Ilmu Komputer dan Prosedur Pendaftarannya

Mengetahui Biaya IUP UGM Ilmu Komputer pastinya sangat perlu diketahui oleh mahasiswa baru. Penerimaan mahasiswa baru mulai digelar oleh banyak universitas di Indonesia salah satunya Universitas Gadjah Mada, kampus ternama di negara ini. Banyak jalur untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa UGM seperti SNMPTN, SBMPTN, UTUL  (mandiri) dan IUP serta IPP.

Proses seleksi pada dua jalur yang terakhir sangat ketat sehingga perlu usaha keras untuk  bisa lolos. Diterima sebagai mahasiswa melalui jalur tersebut juga suatu kebanggaan karena proses seleksi yang lebih ketat memberikan kelebihan yang lebih banyak pula. Calon mahasiswa yang ingin lolos melalui jalur IUP harus berhasil melalui tes potensi akademik, kemampuan dasar bahasa inggris (TOEFL, IELTS, ITP), leader group discussions dan wawancara.

Namun jika berhasil maka mahasiswa dapat memperoleh proses pembelajaran yang lebih efektif seperti penggunaan dua bahasa (Indonesia dan Inggris), dosen dari luar negeri dan masih banyak lagi. Melihat dari kualitasnya tentu membutuhkan biaya yang tidak sama seperti kuliah reguler. Salah satu prodi yang banyak diminati ialah Ilmu Komputer yang peluang kerjanya pun lebih terjamin. Yuk ketahui biayanya sebagai berikut!

Rincian Biaya IUP UGM Ilmu Komputer

Biaya kuliah bagi mahasiswa jalur IUP memang jauh lebih tinggi dari jalur reguler yang ditetapkan berdasarkan penghasilan orang tua. Pada jalur IUP biaya kuliah ini disamaratakan dan tidak ada penurunan atau kenaikan selama masa perkuliahan. Jika ada kenaikan biaya maka biaya baru ini berlaku bagi mahasiswa baru dan tidak mempengaruhi mahasiswa lama.

Baca juga : Biaya IUP UGM Kedokteran

Selain Fakultas Kedokteran, biaya IUP termasuk Ilmu Komputer adalah Rp1.500.000 untuk application dan biaya per semester Rp35.000.000 untuk mahasiswa Indonesia, Rp50.000.000 untuk mahasiswa luar negeri. Biaya IUP UGM Ilmu Komputer tersebut tidak termasuk dalam biaya tingkat universitas seperti buku pedoman, almamater, biaya KKN dan sebagainya). Besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk tingkat universitas kurang lebih Rp2.500.000 per semester.

Prosedur Pendaftaran IUP Ilmu Komputer UGM

Pendaftaran melalui jalur IUP cukup berbeda dari jalur lainnya sehingga perlu dicermati agar tidak ketinggalan informasi penting ini. Berikut prosedur lengkap pendaftaran jalur IUP. Pertama, buat akun di um.ugm.ac.id dan mengisi formulir pendaftaran.

UGM menerima mahasiswa baru yang lulus tahun 2018, 2019 dan 2020. Pendaftar yang lulus pada tahun 2018 dan 2019 wajib meng-upload foto dengan background putih, sertifikat kelulusan atau sertifikat internasional yang setara lainnya. Selain itu, mereka juga perlu upload raport dari kelas 10 hingga 12, SKHUN dan kartu tanda pengenal seperti KTP, passport, SIM dan lainnya.

Baca juga : Perbedaan Program Reguler dan Internasional di UGM

Peserta yang lulus tahun 2020 hanya perlu upload foto berwarna dengan background putih, raport dari semester 1-5 atau kelas 10 hingga 12 semester 1 dan tanda pengenal. Setelah menyelesaikan pendaftaran online maka selanjutnya ialah melakukan pembayaran biaya pendaftaran via ATM bank BRI, BNI, BSM, BTN atau Mandiri. Jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi  tersebut.

Ikuti Bimbel IUP untuk Rencanakan Kuliah di UGM

Anda bisa mengikuti program bimbel IUP UGM agar terlatih menjawab soal-soal ujian tersebut. Kunjungi iup-ugm.com, sebuah bimbel khusus untuk ujian IUP UGM yang telah terpercaya dari tahun 2013. Disini peserta memperoleh modul terlengkap dan terbaru, les tatap muka dan online, kelas private 1 guru 1 murid dan lainnya. Telah banyak peserta bimbel ini yang lolos IUP UGM dengan lancar di semua fakultas.

Biaya IUP UGM Ilmu Komputer memang cukup tinggi, namun apakah masih tertarik dan tetap bersemangat untuk menjadi mahasiswa UGM jalur IUP? Calon mahasiswa tentunya harus memiliki jiwa pejuang untuk lolos pada seleksi tersebut. Memperdalam materi ujian adalah salah satu kuncinya agar menjadi yang terpilih di kampus populer ini. Nah, dengan mengikuti bimbel, Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik. Yuk cek website resminya di https://iup-ugm.com.

Kontak Kami

1 thought on “Rincian Biaya IUP UGM Ilmu Komputer dan Prosedur Pendaftarannya”

Leave a Comment