Perbedaan Program Reguler dan Internasional di UGM, Cek Jalur Masuk Hingga Syarat Kelulusan

Perbedaan Program Reguler dan Internasional di UGM, Cek Jalur Masuk Hingga Syarat Kelulusan

Perbedaan program reguler dan internasional di UGM memang cukup signifikan. Apalagi, fakultas dan jurusan di UGM yang membuka program internasional jumlahnya cukup banyak. Di Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdapat tiga jurusan yang membuka program Internasional Undergraduate Program (IUP), yaitu jurusan Ilmu Ekonomi, Akuntansi dan juga Manajemen. Sedangkan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ada program studi Hubungan Internasional, Manajemen dan Kebijakan Publik, serta Komunikasi.

Sedangkan di FMIPA ada program studi Kimia dan Ilmu Komputer. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa fakultas lainnya yang membuka program IUP. Fakultas tersebut antara lain Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, dan juga Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan.

Perbedaan Program Reguler dan Internasional di UGM

Bagi Anda yang ingin memiliki relasi dengan orang mancanegara, program IUP dI UGM merupakan pilihan yang tepat. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dengan baik sebelum mendaftar di IUP UGM, yaitu:

Jalur Masuk

Hal pertama yang membedakan IUP dengan program reguler adalah jalur masuknya. Program reguler menawarkan jalur SNMPTN, SBMPTN, Ujian Tulis, dan PBU untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Sedangkan program IUP memiliki jalur masuk tersendiri yang sudah dibuka sebelum jalur lainnya membuka pendaftaran. Namun, pendaftaran untuk program IUP ini tidak hanya sekali, melainkan terdapat tiga gelombang.

Baca juga : Jadwal Tes IUP UGM 2020

Materi Ujian Masuk

Sebagai program internasional, tentunya materi yang diujikan di IUP lebih banyak daripada program reguler. Bagi yang ingin masuk ke IUP, maka harus mengikuti tes potensial akademik, kemampuan dasar bahasa inggris atau TOEFL, Leadership Group Discussion, dan juga seleksi wawancara. Hal ini berbeda dengan program reguler yang tes ujiannya hanya terdiri dari tiga kategori. Kategori tersebut yaitu kategori SAINTEK, SOSHUM, dan kategori campuran.

Biaya Kuliah dan Fasilitas

Perbedaan program reguler dan internasional di UGM yang cukup mencolok adalah biaya kuliahnya. Jika di program reguler biaya kuliahnya disesuaikan dengan penghasilan orang tua, di IUP rata-rata biaya kuliahnya adalah Rp 30.000.000,- per semester.

Biaya tersebut tentu juga disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Hal ini dikarenakan beberapa program studi mendatangkan dosen dari luar negeri untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Selain itu, proses belajar di IUP pun juga menggunakan bahasa inggris secara penuh.

Baca juga : Double Degree UGM

Kegiatan Internasional Exposure

Syarat kelulusan bagi mahasiswa program IUP adalah harus melakukan internasional exposure. Dalam hal ini, mahasiswa dituntut harus memiliki pengalaman belajar di kancah internasional. Untuk mewujudkannya, UGM menyediakan kegiatan double degree program.

Kegiatan ini dilaksanakan di universitas luar negeri yang telah menjalin kerja sama. Selain mengikuti program tersebut, mahasiswa juga bisa ikut serta dalam berbagai perlombaan tingkat Internasional, konferensi, dan pertukaran pelajar atau short course.

Ingin Lolos di IUP UGM? Jangan Lupa Gabung Bersama Kami!

Meski perbedaan program reguler dan internasional di UGM cukup membuat tercengang, tetapi Anda tak boleh menyerah. Anda tetap bisa mewujudkan mimpi untuk berkuliah di program Internasional UGM dengan mengikuti les privat online di https://iup-ugm.com. Jadi, bagi Anda yang berdomisili di luar Yogyakarta bisa tetap mengikuti les dengan biaya yang lebih hemat melalui gadget. Di sini Anda juga bisa membeli modul IUP UGM yang lengkap dan juga mengikuti bimbingan belajar dengan tentor profesional. Yuk gabung bersama kami untuk wujudkan mimpi Anda.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *