Bagaimana Cara Lolos IUP Psikologi UGM? Berikut Tes Ujiannya

Salah satu hal yang sering membayangi para calon mahasiswa baru Psikologi IUP adalah bagaimana cara lolos IUP Psikologi UGM. Bagi Anda yang belum tahu, IUP adalah singkatan dari International Undergraduate Program yang salah satunya tersedia di Universitas Gadjah Mada atau UGM. Beberapa jurusan yang tersedia di IUP diantaranya yaitu FMIPA, FISIPOL, FK, FPSI, FEB, dan FH.

Perbedaan dari kelas reguler dan kelas di IUP UGM adalah di IUP penggunaan bahasa pengantarnya adalah bahasa Inggris. Selain itu, para pengajarnya pun kebanyakan berasal dari luar negeri. Label internasional yang tersemat di sini pastinya juga memberikan pengalaman yang berbeda dari kelas reguler. Kurikulum yang ada juga memberikan kesempatan kepada mahasiswanya untuk go internasional. Nah, pastinya banyak dari Anda yang penasaran bagaimana cara agar lolos di IUP Psikologi UGM ini?

Tes GMST (Gadjah Mada Scolastic Test)

Tes yang satu ini adalah tes yang digunakan untuk menguji kemampuan berpikir dan menjawab. Soal-soal yang ada dalam tes ini meliputi numerik, gambar, kosakata, dan matematika dasar.

Untuk menghadapi tes GMST ini, yang harus Anda lakukan adalah berlatih mengerjakan soal TPA SBMPTN. Selain itu, cari juga soal-soal latihan IUP dan pastikan untuk melatih menjawab soal dengan baik dan cermat karena tiap bagian soal ada batas waktunya. Sehingga harus memanfaatkan waktu dengan baik.

Baca juga : Daya tampung IUP UGM

Tes ACEPT

Tes ACEPT ini bisa dibilang sebagai tes TOEFL untuk IUP UGM. Soalnya dibagi menjadi beberapa bagian seperti comprehension, listening, grammar, reading, dan lainnya. Nah, untuk menghadapi tes ACEPT ini perbanyak latihan soal ACEPT atau bisa juga berlatih soal TOEFL. Jika berlatih menggunakan soal tes TOEFL sebaiknya Anda berlatih semua soal yang terdapat dalam satu buku TOEFL. Hal ini bertujuan agar bisa menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat.

Tes Wawancara

Tes wawancara ini dilakukan setelah tes tulis yang terdiri dari 2 jenis interview. Untuk tes interview pertama, Anda akan dihadapkan dengan 2 dosen IUP UGM sebagai pewawancara. Pada wawancara pertama Anda akan ditanyai ha-hal seperti pengenalan diri sendiri, alasan memilih UGM, bidang psikologi yang disukai, dan sebagainya.

Di wawancara kedua cara lolos IUP Psikologi UGM, Anda akan dinilai oleh salah satu dosen yang sudah mewawancarai Anda. Wawancara kedua ini diberi nama LGD (Leaderless Group Discussion) dan di tes ini Anda akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Nah, di sesi berkelompok tanpa ketua kelompok ini Anda dan seluruh anggota akan diminta berpendapat mengenai beberapa hal.

Baca juga : tips sukses masuk IUP LAW UGM 

Saat tes interview pastikan Anda tetap tenang dan jangan lupa untuk menambah pengetahuan tentang bidang psikologi yang disukai. Pastikan juga Anda tetap tersenyum saat menjawab pertanyaan dan jangan terlalu memikirkan tata bahasa inggrisnya. Penguji juga tidak terlalu mempermasalahkan hal tersebut selagi masih bisa dipahami.

Itulah beberapa cara lolos IUP Psikologi UGM yang bisa Anda ikuti. Akan tetapi, jika Anda pikir cara di atas masih belum cukup membantu masuk ke IUP UGM, tak perlu khawatir karena kini sudah ada bimbel IUP UGM yang siap membantu Anda. Anda bisa les di sini baik secara online maupun offline dan tak lupa bimbel ini juga menjual modul IUP UGM lengkap. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang bimbel IUP UGM ini, kunjungi https://iup-ugm.com sekarang juga!

Kontak Kami

2 thoughts on “Bagaimana Cara Lolos IUP Psikologi UGM? Berikut Tes Ujiannya”

Leave a Comment