Daya Tampung IUP UGM dan Perbedaannya dengan Program Reguler

Daya Tampung IUP UGM dan Perbedaannya dengan Program Reguler

Banner Web IUP

Daya tampung IUP UGM tentunya berbeda dengan program reguler lainnya. IUP merupakan salah satu program internasional yang selalu dibuka tiga gelombang setiap tahunnya. IUP sendiri bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin lebih mengembangkan pengetahuannya secara lebih luas. Namun, perlu diketahui apabila program internasional ini hanya terdapat di beberapa fakultas dan jurusan saja,

Daya tampung yang terbatas, membuat seleksi masuk yang dihadirkan oleh UGM sangatlah ketat. Terlebih peminat program ini juga sangat besar mengingat kesempatan dan peluang yang diperoleh ketika masuk ke dalamnya memang sangat tinggi. Setiap mahasiswa yang berhasil lolos mengikuti program IUP UGM, maka secara tidak langsung akan lebih mudah melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Fakultas dan Daya Tampung IUP di UGM

Tidak semua fakultas dan jurusan yang menghadirkan program ini kepada calon mahasiswa. Ketidakmerataan tersebut menjadikan daya tampung IUP UGM bisa dibilang cukup terbatas atau sedikit lebih banyak dari program SNMPTN. Selain itu, tidak semua fakultas dan jurusan memberikan informasi terkait daya tampung yang dihadirkan karena beberapa sifatnya cukup tertutup.

Salah satu fakultas dan jurusan yang memberikan info daya tampung secara mendetail adalah Ekonomi dan Bisnis. Terdapat tiga jurusan yang menyediakan program IUP, yakni Akuntansi dengan daya tampung 55, Ilmu Ekonomi dengan daya tampung 30, dan Manajemen dengan daya tampung 55.

Sejauh ini, terdapat lima fakultas yang hadir dengan program satu ini tetapi sayangnya tetap tidak bisa mencakup semua jurusan. Nah, jika sudah penasaran fakultas dan jurusan apa saja yang tersedia, maka simak daftar berikut.

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis: IUP Manajemen, IUP Akuntansi, dan IUP Ilmu Ekonomi
  • Fakultas Hukum: IUP Ilmu Hukum
  • Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam: IUP Ilmu Kimia dan IUP Ilmu Komputer
  • Fakultas Kedokteran: IUP Pendidikan Dokter
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: IUP Hubungan Internasional dan IUP Manajemen Kebijakan Publik

Baca juga : Syarat masuk IUP UGM

Banner Web IUP

Perbedaan Program IUP dan Reguler

Tidak hanya berbeda dari segi jumlah daya tampungnya saja, IUP juga memiliki beberapa perbedaan mendasar dengan Program Reguler. Beberapa perbedaan tersebut bisa dilihat dari materi ujian masuk, biaya perkuliahan dan fasilitas, serta proses belajar.

  • Materi Ujian Masuk

Tes ujian masuk yang diselenggarakan pada program IUP adalah berupa tes potensial akademik, TOEFL, Leadership Group Discussion dan wawancara. Tentunya materi dari tes yang diberikan cenderung lebih berat dibandingkan dengan tes reguler. Pada program reguler materi yang ditentukan adalah Saintek, Soshum, dan campuran dari keduanya.

  • Biaya Perkuliahan dan Fasilitas

Perhitungan biaya bagi mahasiswa program reguler mengacu pada Uang Kuliah Tunggal atau UKT pada dasarnya telah disesuaikan dengan golongan penghasilan orang tua. Hal ini sangat berbeda dengan program IUP yang rata-rata biaya pengeluaran nya mencapai 30 juta. Tentu saja nantinya dari kedua perbedaan tersebut akan membawa pada fasilitas yang berbeda.

  • Proses Belajar

Sebagai program yang berbasis internasional, bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris dan sedikit bahasa Indonesia. Beberapa modul memang ada yang masih menggunakan bahasa Indonesia, tetapi ketika melakukan proses diskusi wajib menggunakan bahasa Inggris. Hal ini tentu sangat berkebalikan dengan Program Reguler yang lebih mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia.

Baca juga : Tips lolos seleksi IUP UGM

Daya tampung IUP UGM yang terbatas pasti menuntut Anda untuk bisa bersaing lebih ketat. Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan Bimbel IUP UGM yang telah berpengalaman dalam membimbing calon mahasiswa untuk bisa lolos dalam tahap seleksi masuk. Di sana telah tersedia modul terlengkap yang terus update setiap tahunnya mengikuti dengan tipikal tes ujian. Dengan begitu, peluang Anda untuk lolos tes akan sangat tinggi. Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di https://iup-ugm.com.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *