Ikuti Tips Lolos Seleksi IUP UGM Ini dan Wujudkan Mimpimu

Tips lolos seleksi IUP UGM mungkin akan sangat membantu bagi mahasiswa baru yang ingin menjadi bagian dari Universitas Gajah Mada (UGM). Bagi Anda yang belum tahu apa itu IUP UGM, program IUP atau International Undergraduate Program merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang memenuhi syarat untuk mengikuti program kelas internasional. Nah, Anda yang sudah berencana kuliah di program internasional, jangan sampai melewatkan jadwal pendaftaran dan seleksinya.

Perlu diketahui, tidak semua fakultas dan jurusan di UGM membuka program kelas internasional ini. Beberapa fakultas UGM yang mempunyai kelas IUP adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum, Fakultas Biologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Jika di antara nama fakultas yang sudah disebutkan, ada satu nama fakultas impian Anda, maka simak beberapa tips untuk menghadapi seleksi IUP berikut ini.

Tentukan Jurusan dan Fakultas

Tips pertama adalah tentukan jurusan dan fakultas untuk mengikuti program ini. Jika Anda sudah menentukannya, maka langkah selanjutnya yaitu mencari informasi penting. Informasi tersebut seperti browsing tentang fakultas yang dipilih, bagaimana kelas internasional di fakultas tersebut dan apa saja yang dibutuhkan untuk lolos seleksinya. Sementara menunggu jadwal pendaftaran atau tes, Anda bisa mengambil bimbel IUP atau bimbel TOEFL dan  IELTS  agar hasil tes tulis nanti dapat maksimal.

Baca juga : Syarat Masuk IUP UGM

Catat Jadwal Pendaftaran dan Tes

Selanjutnya adalah catat dan perhatikan jadwal pendaftaran dan tes karena setiap fakultas memiliki jadwal yang berbeda. Namun, semua fakultas membuka jadwal pendaftaran yang dibagi menjadi tiga gelombang dengan rentang waktu yang berurutan. Misalkan pengumuman hasil tes gelombang pertama sudah keluar, maka satu minggu setelahnya, pendaftaran gelombang kedua akan dibuka.

Ikuti Semua Proses Penerimaan

Tips lolos seleksi IUP UGM yang ketiga adalah siapkan semua hal yang dibutuhkan selama proses penerimaan. Dari proses pendaftaran saja, ada beberapa berkas yang harus disiapkan dan diunggah pada website pendaftaran. Berkas tersebut seperti foto formal, KTP, rekap nilai rapot, sertifikat  ITP TOEFL / IBT TOEFL / IELST dengan batas skor minimal yang sudah ditentukan dan ijazah SMA atau sederajat bagi lulusan 2 tahun sebelumnya.

Baca juga : Biaya IUP UGM Matematika

Tahap seleksi kelas reguler hanya ada ujian tulis dan sudah disesuaikan dengan jurusan dan fakultas yang dipilih. Seperti tes kelompok SAINTEK, SOSHUM atau campuran dari SAINTEK dan ditentukan. Sementara kelas IUP, tahapan yang harus diikuti oleh pendaftar adalah tes potensial akademik (Gadjah Mada Scholastic Test/GMST), tes kemampuan dasar bahasa Inggris (TOEFL ITP, IELTS), Leadership Group Discussion dan tes interview secara langsung.

Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Tips yang terakhir adalah meminta restu kepada orang tua sebelum mengikuti tes tulis atau interview agar diberikan kemudahan dan kelancaran. Setelah semua tes tulis atau interview sudah Anda lalui, serahkan hasil usaha yang sudah dilakukan kepada Tuhan dengan berdoa agar diberikan hasil yang terbaik.

Selain semua tips lolos seleksi IUP UGM diatas, ada tips lain yang cukup penting yaitu jaga kesehatan dan jangan memaksakan diri untuk belajar sampai larut malam saat sehari sebelum ujian berlangsung. Nah, agar Anda memiliki persiapan yang matang untuk tes, Anda bisa mengikuti program bimbel di https://iup-ugm.com. Program intensif ini disediakan khusus untuk membantu Anda lolos tes yang dipandu oleh tentor profesional. Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau. Tunggu apalagi, segera pilih program belajar favorit Anda di sini!

Kontak Kami

4 thoughts on “Ikuti Tips Lolos Seleksi IUP UGM Ini dan Wujudkan Mimpimu”

Leave a Comment