Biaya IUP UGM Matematika yang Wajib Anda Ketahui

Biaya IUP Matematika UGM perlu diketahui sebelum mendaftar ke universitas favorit ini. Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia bahkan masuk peringkat ke-391 berdasarkan QS Ranking. Kampus yang telah berdiri sejak tahun 1949 ini memiliki 18 fakultas dengan 265 jurusan, 11 joint degrees dan 23 pusat studi. Salah satu fakultas dengan peminat yang cukup banyak adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Selain membuka kelas regular, UGM juga menyediakan kelas IUP (International Undergraduate Program).

IUP merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan standar internasional. Salah satu perbedaan kelas regular dan IUP adalah cara belajar di mana di kelas IUP akan banyak diisi oleh dosen internasional. Biasanya calon mahasiswa dari luar negeri menggunakan jalur ini. Perbedaan lainnya adalah terletak di biaya IUP UGM Matematika. Berapakah kira-kira biaya IUP di UGM? Simak penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Kelas Reguler dan IUP Matematika UGM

Tidak semua fakultas di UGM menyediakan kelas dengan program Internasional ini. Beberapa fakultas yang menyediakan kelas IUP antara lain Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) dengan jurusan Hubungan Internasional, Komunikasi, dan Manajemen dan Kebijakan Publik. Kemudian ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan jurusan Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.

Baca juga : Biaya IUP UGM HI

Di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, terdapat program studi yang membuka kelas IUP, seperti Kimia, dan Ilmu Komputer. Selain itu, masih banyak fakultas lain dengan kelas IUP, diantaranya Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, Kesehatan Masyarakat dan masih banyak lainnya.

Selain cara belajar, perbedaan lainnya adalah biaya. Biaya kelas IUP UGM tentu lebih mahal jika dibandingkan dengan kelas regular. Biaya ini berbeda-beda tergantung dengan program studi yang diambil. Lulusan kelas IUP nantinya akan mendapatkan double degree. Mahasiswa harus mempunyai pengalaman belajar di dunia internasional. Ini bisa diwujudkan dengan menjadi partner jurusan di universitas luar negeri.

Dengan begitu, ketika sudah lulus, mahasiswa akan mendapatkan gelar dari UGM dan universitas luar negeri yang dituju. Kegiatan Exposure ini juga bisa berupa perlombaan, konferensi, dan short course atau pertukaran pelajar.

Baca juga : Biaya IUP UGM Psikologi

Biaya Kelas IUP Matematika UGM

Berdasarkan website resmi UGM Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UGM membuka kelas IUP untuk jurusan Computer Science Program dan Chemistry Program. Untuk jurusan Computer Science Program terdapat biaya pendaftaran sebesar Rp. 1.500.000 dan per semester sebesar Rp. 23.000.000 untuk mahasiswa Indonesia dan Rp. 30.000.000 untuk mahasiswa luar negeri. Sedangkan jurusan Kimia mematok tarif pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000 dengan biaya per semester Rp. 20.000.000 untuk semua mahasiswa.

Buat Anda, lulusan baru yang ingin masuk ke kampus impian UGM dapat memilih kelas Internasional ini untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lain dari biasanya. Pendaftaran kelas IUP tidak sama dengan pendaftaran bersama Perguruan Tinggi seperti SNMPTN atau SBMPTN. Jadwal pendaftaran ditetapkan sendiri oleh pihak kampus. Siapkan diri untuk mengikuti tes dengan daftar Bimbel IUP agar lolos.

Biaya IUP Matematika UGM tentunya berbeda-beda. Hingga saat ini terdapat dua prodi, yaitu Ilmu Komputer dan Kimia. Pelajari program kelas internasional untuk memilih jurusan yang tepat sesuai minat Anda. Nah, untuk mempersiapkan diri, Anda bisa mengikuti bimbel secara online dengan mengunjungi https://iup-ugm.com. Situs ini juga menjual modul terlengkap yang dapat Anda pelajari untuk persiapan tes. Yuk kunjungi situsnya segera!

Kontak Kami

2 thoughts on “Biaya IUP UGM Matematika yang Wajib Anda Ketahui”

Leave a Comment