Yuk Kepoin Alasan dan Tips Masuk IUP Science UGM

Yuk Kepoin Alasan dan Tips Masuk IUP Science UGM

Banner Web IUP

Mejelang berakhirnya masa SMA, informasi tentang perkuliahan seperti alasan dan tips masuk IUP Science UGM akan sangat membantu. Dunia perkuliahan merupakan salah satu jalan yang ditempuh oleh sebagian besar orang untuk mewujudkan cita-cita dan menggapai masa depan yang cerah. Tak heran, ada banyak jalur masuk  perguruan tinggi di Indonesia untuk dipilih para siswa yang ingin menumtut ilmu di bangku perkuliahan.

Universitas Gajah Mada atau UGM sebagai salah satu universitas besar di Indonesia, membuka jalur masuk untuk program internasional di beberapa fakultas dan jurusan salah satunya adalah International Undergraduate Program (IUP) Science UGM. Program ini bertujuan mencetak lulusan berkompeten dan memiliki potensi untuk bersaing secara internasional.

Bebarapa Alasan Mengapa Harus Masuk IUP Science UGM

Penasaran mengapa Anda harus tahu alasan dan tips masuk IUP Science UGM? Karena persaingan masuk  IUP UGM tidak mudah, mengingat program ini dibuka untuk pelajar dalam negeri dan luar negeri. Oleh karena itu, simak alasan masuk program IUP berikut ini.

Lingkungan Belajar Berstandar International

Proses belajar program internasional sangat berbeda dengan program kelas reguler. Bahasa pengantar yang dipakai adalah bahasa Inggris secara keseluruhan. Tidak jarang beberapa mata kuliah diajarkan langsung oleh dosen luar negeri. Untuk mendukung proses belajar, fasilitas yang digunakan juga berbeda dengan kelas pada umummya.

Prospek Kerja Lebih Menjanjikan

Ada banyak keuntungan apabila Anda menjadi lulusan program ini. Salah satunya adalah tidak perlu repot mencari pekerjaan, karena akreditasi A oleh BAN-PT dan ASIIN telah didapatlan Fakultas MIPA UGM. Selain itu, peraturan memakai bahasa internasional sebagai media komunikasi, tentunya secara otomatis meningkatkam kemampuan bahasa Inggris setiap mahasiswa. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja di era modern ini.

Baca juga :  Tips sukses masuk IUP FEB UGM

Banner Web IUP

International Exposure

Salah satu syarat kelulusan mahasiswa program internasional adalah memiliki pengalaman belajar pada universitas luar negeri yang menjadi partner prodi.  Setiap mahasiswa akan  mendapatkan dua gelar sekaligus yaitu gelar dari UGM dan universitas tujuan, begitu lulus dari  IUP. Beberapa international exposure program di Fakultas MIPA UGM yaitu double degree program, student exchange program, study abroad program, international internship, international competition, summer/winter course program dan international conference.

Tips Ampuh Masuk Program IUP

Jumlah pendaftar program IUP selalu melebihi jumlah kuota yang diminta. Jadi agar bisa masuk program ini membutuhkan persiapan yang harus maksimal. Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk dicoba:

Latihan Soal TOEFL dan IELTS

Memiliki skill bahasa Inggris yang bagus menjadi syarat utama mengikuti program IUP. Sebelum jadwal tes masuk IUP dibuka, manfaatkan waktu yang ada untuk latihan mengerjakan soal-soal TOEFL dan IELTS.

Latihan Inteterbi Menggunakan Bahasa Inggris

Selain persiapan tes tulis, coba lebih sering melatih skill speaking dan listening sebagai persiapan tes interview.  Cobalah latihan menjawab pertanyaan yang sering diajukam dalam interview sehingga nanti saat tes sudah terbiasa.

Pahami Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran IUP di UGM dibagi ke dalam empat tahap tes yaitu tes TOEFl, GMST (Gajah Mcda Scholastic Test), interview dan focus group discussion. Cari informasi sebanyak-banyak tentang tes tersebut sehingga peluang lolos lebih besar.

Baca juga : tips lolos seleksi IUP UGM 

Demikian informasi terkait alasan dan tips masuk IUP Science UGM. Semoga bermanfaat, bagi Anda yang sedang persiapan pendaftaran kuliah, Anda disarankan untuk mengambil les privat sebagai persiapan. Nah, untuk informasi lebih lengkap tentang les private online IUP, bimbel IUP atau modul tes IUP sebagai persiapan untuk mengikuti tes masuk IUP, Anda dapat melihat informasinya di https://iup-ugm.com.

Kontak Kami

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *