Pengertian Majas Metafora Beserta Contohnya

Pengertian Majas Metafora Beserta Contohnya

Banner Web IUP

Apa itu majas metafora? Majas metafora adalah kiasan yang membandingkan dua hal yang berbeda dengan mengaitkan satu hal dengan yang lain seperti sama. Perbandingan dalam sebuah metafora dapat dinyatakan secara eksplisit, seperti pada kalimat “Cinta adalah medan perang”.

Bisa juga majas metafora membuat persamaan antara dua hal yang berbeda secara implisit, seperti “Dia terluka oleh cinta.” Perbandingan yang dibuat oleh metafora tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Sebaliknya, metafora bersifat kiasan dan menciptakan makna di luar makna literal kata-katanya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian dan contohnya :

Pengertian Majas

Metafora adalah kiasan yang digunakan untuk membuat perbandingan antara dua hal yang tidak sama tetapi memiliki kesamaan. Berbeda dengan perumpamaan, di mana dua hal dibandingkan secara langsung menggunakan suka atau sebagai.

Perbandingan metafora lebih tidak langsung, biasanya dibuat dengan menyatakan sesuatu adalah sesuatu yang lain. Metafora sangat ekspresif, tidak dimaksudkan untuk dipahami secara harfiah. Anda mungkin harus berpikir sedikit untuk menemukan maknanya dalam sebuah metafora.

Misalnya, sungai dan air mata tidak begitu sama, yang satu adalah air di alam, sedangkan yang lainnya air yang diproduksi oleh mata manusia. Namun, keduanya memiliki satu kesamaan: keduanya adalah jenis air yang mengalir. Metafora menggunakan kesamaan ini untuk membantu penulis membuat poin:

Baca juga : Tokoh Sumpah Pemuda

Banner Web IUP

“Air matanya seperti sungai yang mengalir di pipinya.”

Nah, karena sungai jauh lebih besar daripada sedikit air mata, metafora adalah cara kreatif untuk mengatakan bahwa orang tersebut banyak menangis. Metafora membantu penulis dan penyair menyampaikan maksud dengan cara yang lebih menarik.

Metafora adalah salah satu kiasan yang paling umum digunakan oleh penulis sepanjang sejarah dan di seluruh dunia. Majas metafora juga umum sekali digunakan dalam percakapan sehari-hari baik itu dalam bentuk tulisan, dari fiksi naratif, puisi, hingga tulisan persuasif.

Metafora adalah sejenis analogi perbandingan antara dua hal atau ide. Sebenarnya ada dua definisi metafora yang diterima, satu yang cukup luas, dan yang satu lebih spesifik. Definisi yang lebih luas mencakup semua jenis perbandingan atau gabungan, dan di bawah payung itu termasuk kiasan lain, seperti perumpamaan.

Misalnya, cinta sebenarnya adalah medan pertempuran atau bahwa orang tersebut benar-benar mendapat luka fisik karena cinta. Daripada dimaknai dengan bagaimana cinta bisa menyakitkan, perjuangan, bahkan pertikaian antara lawan, maka kalimat cinta adalah medan pertempuran lebih bisa dipahami cara baru seseorang dalam memandang cinta.

Baca juga : Pengertian Etika

Contoh dari Majas Metafora

Menguasai majas metafora sangat penting untuk menulis puisi dan prosa agar lebih hidup dan menyenangkan. Selain itu, memahami penggunaan metafora is akan memungkinkan Anda untuk lebih memahami tema spesifik yang ada di seluruh karya sastra.

Metafora sering muncul dalam puisi cinta seperti ini, salah satu alasannya adalah bahwa pencinta atau narator berusaha mengungkapkan pengalaman cinta yang tunggal dan unik dalam istilah yang dapat dipahami oleh pembaca.

Misalnya, dalam tulisan Shakespeare yang menceritakan kisah Romeo dan Juliet di mana Romeo selalu membandingkan Juliet dengan matahari. Mengapa Juliet dibandingkan dengan matahari? Nah, karena Shakespeare menyadari bahwa sebagian besar pembaca akrab dengan keindahan matahari yang menakjubkan, dan oleh karena itu akan lebih mampu membayangkan keindahan Romeo. Kekaguman yang mendalam untuk Juliet ini digambarkan melalui perbandingan metafora.

  1. Matamu telah membakar hati manusia
  2. Tari pulang dari Jogja membawa buah tangan
  3. Tangisan kita yang hancur dan kesedihan kita akan terukir di langit semesta
  4. Kasus pertikaian Rian dan Adi akan dibawa ke meja hijau

Secara garis besar, majas metafora dipahami sebagai kiasan, bukan pernyataan faktual. Anda harus memahami makna di balik kata yang digunakan dalam majas metafora.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *