Pengertian Etika Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Bermasyarakat

Pengertian Etika Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Bermasyarakat

5/5 - (1 vote)
Banner Web IUP

Pengertian etika sebaiknya harus diketahui oleh semua kalangan karena kaitannya dengan kehidupan bersosial dengan orang lain. Etika yang dipahami oleh orang umum terkadang tak cukup untuk membuat mereka tahu bagaimana cara memahami, menghargai dan bersikap baik lainnya dengan manusia lain.

Etika di sini umumnya berkaitan dengan tingkah laku, sikap, benar dan salah serta perilaku yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan oleh seseorang. Oleh sebabnya tak ada salahnya untuk mengetahui apa itu etika dan bagaimana fungsi serta manfaatnya bagi diri sendiri dan lingkungan. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasan singkat tentang pengertian etika menurut beberapa ahli beserta fungsi dan manfaatnya bagi kehidupan.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

Pemahaman etika bisa berbeda-beda setiap orang namun kita bisa merujuk pada para ahli di bidangnya sehingga bisa mendapatkan pemahaman yang tepat. Memahami pengertian etika secara tepat membuat kita bisa menerapkannya secara lebih benar dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menurut Prof. Dr. Franz Magnis Suseno etika merupakan ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah pijakan dalam tindakan manusia.
  2. Menurut H. A. Mustafa etika merupakan ilmu yang menyelidiki yang baik dan buruk untuk mengamati tindakan manusia sejauh bisa diketahui oleh pikiran.
  3. Bertens mengungkapkan bahwa etika merupakan nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok.

Baca juga : Pancasila sebagai Ideologi Negara

Dari beberapa pendapat para ahli tersebut kita bisa memahami beberapa poin terkait penting etika seperti norma, perilaku atau tindakan baik seseorang. Etika adalah hal-hal tidak tertulis seperti norma, perilaku, moral atau tindakan yang sebaiknya dilakukan oleh seseorang terkait bagaimana bersikap dengan orang lain. Sebagaimana yang kita tahu, manusia akan senang jika mendapat perlakukan baik dari orang lain.

Manfaat Etika dalam Kehidupan Bermasyarakat

Adanya etika dalam kehidupan bermasyarakat memberikan beberapa manfaat. Meski tidak secara disadari dan tidak langsung diketahui etika memberikan manfaat penting, yaitu:

Banner Web IUP
  • Menjadi dasar pijak bersikap secara sistematis dan teratur. Jika telah mengetahui etika yang benar maka seseorang bisa memilih keputusan yang tepat dalam bertindak agar tidak menyalahi aturan. Alih-alih bersikap dengan ego dan perasaannya sendiri yang terkadang menyakiti orang lain dan tentu akan berdampak pada dirinya di kemudian hari.
  • Menjadi penolong ketika berada dalam pandangan yang moral yang beragam. Setiap daerah tentu memiliki kebiasaan, adat dan moral baik yang berbeda-beda. Namun ketika berhadapan dengan moral lain tersebut akan memahami pandangan mana dan tindakan apa yang sebaiknya dilakukan. Selain itu, juga menjadi penengah diantara kedua kebiasaan yang berbeda-beda tersebut.
  • Dapat membedakan mana yang boleh dan tidak boleh dirubah. Seseorang yang tanpa pendirian atau pengetahuan etika akan bingung bahkan salah dalam bertindak. Hal ini tentu akan berakibat buruk pada pandangan orang lain terhadap dirinya.
  • Mengajak orang bersikap kritis dan rasional dalam mengambil keputusan apapun. Bertindak secara benar sesuai dengan tanggung jawabnya juga harus diiringi dengan etika sehingga manusia bisa menjadi seseorang yang otonom bukan heteronom.

Baca juga : Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Nah, itulah beberapa info mengenai pengertian etika serta manfaatnya yang sebaiknya Anda ketahui. Mengetahui informasi semacam itu penting untuk menjadikan diri seseorang yang lebih dihargai dan sesuai dengan kehidupan bermasyarakat. Manusia senang bersosialisasi bahkan sudah menjadi kebutuhannya.

Kita sebagai individu juga senang menerima sikap baik dari orang lain, bukan? Kemudian kita juga cenderung membalas hal yang sama kepada mereka yang telah membuat diri merasa dihargai. Oleh sebabnya, bersikaplah yang baik agar orang lain juga bersikap baik pula kepada kita.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *