Makna, Fungsi, dan Nilai yang Terkandung dalam Pancasila sebagai Ideologi Negara

Makna, Fungsi, dan Nilai yang Terkandung dalam Pancasila sebagai Ideologi Negara

5/5 - (1 vote)
Banner Web IUP

Pancasila sebagai ideologi negara merupakan hal yang sudah umum dan tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Jadi, selain sebagai dasar negara, Pancasila juga merupakan ideologi atau cara pandang bagi masyarakat Indonesia. Kata ideologi sendiri berasal dari kata ideas dan logos dari bahasa Yunani. Arti dari kata ini adalah ilmu, pemikiran, cita-cita, dan juga cara pandang. Jadi, secara istilah dapat disimpulkan bahwa ideologi merupakan suatu cara pandang yang kemudian membentuk kerangka berpikir seseorang.

Tujuannya yaitu untuk mewujudkan cita-cita yang telah ditentukan sebelumnya. Lalu apa arti dari Pancasila sebagai ideologi negara? Jadi, Pancasila ini dijadikan oleh seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali sebagai dasar sistem kenegaraan. Dengan kata lain, nilai-nilai yang ada pada setiap butir Pancasila hendaknya dijadikan sebagai pedoman dalam kehidupan bernegara bagi seluruh WNI.

Lebih dari itu, Pancasila sebagai ideologi negara juga harus diwujudkan dengan cara menjadikan Pancasila sebagai visi atau cita-cita. Namun, hal ini bukan hanya berlaku bagi WNI yang ada di dalam negeri saja, tetapi juga bagi WNI yang berada di luar negeri.

Baca juga : Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Pancasila memiliki beberapa fungsi yang berkaitan dengan perannya sebagai ideologi negara Indonesia, yaitu:

  1. Untuk mempersatukan, memelihara, dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa negara Indonesia. Fungsi ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia yang merupakan masyarakat majemuk. Pasalnya, masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya sangat rentan terancam perpecahan atau perselisihan.
  2. Untuk membimbing serta mengarahkan negara untuk mencapai tujuannya. Artinya, Pancasila berperan untuk memberi gambaran cita-cita kepada bangsa Indonesia dan menjadi sumber motivasi bagi bangsa untuk memperjuangkan cita-cita yang ingin dicapai.
  3. Menguatkan tekad masyarakat untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa. Pancasila ini berfungsi untuk memberi gambaran identitas bagi bangsa serta untuk memberikan dorongan untuk pembangunan karakter bagi warga negara Indonesia.
  4. Menyoroti kenyataan yang ada pada bangsa dan negara saat ini. Pancasila berusaha untuk mengkritisi upaya manifestasi cita-cita bangsa melalui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Pancasila juga menjadi ukuran guna mengkritisi keadaan bangsa saat ini yang kelihatannya semakin berantakan.
  5. Mencegah perpecahan antar kelompok. Hal ini dikarenakan setiap suku yang ada di Indonesia memiliki perbedaan. Jika mereka tidak mampu menahan egonya dan selalu berusaha mengunggulkan kelompoknya dibanding kelompok lainnya.
  6. Mempersatukan kelompok-kelompok yang terlanjur terpecah belah. Dengan memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila, maka hubungan yang buruk bisa segera diperbaiki. Oleh karena itu, sejak pendidikan dasar, setiap siswa hendaknya diberikan pelajaran mengenai Pancasila sebagai ideologi negara dan ditunjang dengan praktik yang sistematis.

Baca juga : Tekanan Hidrostatis

Banner Web IUP

Nilai-nilai dalam Pancasila sebagai Ideologi Negara

Setidaknya, terdapat tiga nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi negara, yaitu:

  • Nilai Dasar

Sila-sila dalam Pancasila memiliki sifat yang universal. Dengan begitu di dalamnya terdapat cita-cita, tujuan-tujuan, dan nilai-nilai yang diinginkan oleh bangsa Indonesia. Terdapat beberapa nilai mendasar mengenai masa depan ideal bangsa yang relatif tidak berubah dalam kelima sila Pancasila.

  • Nilai Instrumental

Untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila dapat dijabarkan secara kreatif. Asalkan, penjabaran tersebut tidak bertentangan dengan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila.

  • Nilai Praktis

Nilai-nilai dalam Pancasila harus diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari dengan seluruh warga negara. Dalam upaya perwujudannya, nilai praktis ini umumnya bersifat abstrak, seperti sikap saling menghormati, saling bekerja sama, dan membangun kerukunan antar satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Nilai-nilai pancasila sangatlah berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari kita. Tentu saja, menerapkan nilai-nilai dari dasar negara ini adalah sesuatu hal yang terpuji. Anda sebagai rakyat Indonesia sudah sepatutnya bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi negara karena ada banyak hal yang bisa kita kutip dari setiap bunyi Pancasila.

Kontak Kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *