Jalur Masuk Fakultas Kedokteran UGM

Jalur Masuk Fakultas Kedokteran UGM | Untuk bisa masuk menjadi mahasiswa Kedokteran UGM, ada beberapa jalur yang kemungkinan bisa dipersiapkan. yaitu :

1. Penelusuran Bibit Unggul
a. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

Ditunjukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi, dan mantap membangun masa depan bersama UGM.
Peserta diusulkan oleh sekolah.
Tiap sekolah mengajukan maksimal 2 peserta, bagi sekolah yang mengirim lebih dari 2 peserta maka seluruh peserta yang diusulkan tidak diseleksi.
Peserta dibebaskan dari biaya pendaftaran.
Biaya pendidikan selama 8 semester ditanggung oleh UGM jika memenuhi prestasi akademik yang ditetapkan dan dievaluasi setiap bulan.
b. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)

Ditunjukkan bagi siswa pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat nasional atau finalis olimpiade bidang Ilmu pengetahuan tingkat internasional.
PBUB terdiri dari PBUB beasiswa dan PBUB Mandiri.
Peserta diusulkan oleh sekolah.
Pemilihan Program Studi harus sesuai dengan bidang prestasinya.
Biaya pendidikan selama 8 semester seluruhnya ditanggung oleh UGM untuk PBUB beasiswa dan ditanggung oleh otangtua/wali untuk PBUB mandiri.
Peserta yang lolos seleksi berkas wajib mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) yang diselenggarakan oleh UGM dengan difasilitasi oleh sekolah masing-masing.
c. Penelusuran Bakat Swadana

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi.
Peserta diusulkan oleh sekolah.
Biaya pendidikan ditanggung oleh orangtua/wali peserta.
Peserta wajib mengikuti Tes Bakat Skolastik (TBS) dan tes Ilmu Pengetahuan Dasar (IPD) di lokasi yang dipilih saat mendaftar.
Peserta yang lolos seleksi wajib mengikuti tes wawancara di UGM.
d. Penelusuran Bibit Unggul Pembangunan Daerah (PBUPD)

Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik tinggi.
Program ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui kemitraan antara daerah dengan UGM , berbasis potensi wilayah dan kearifan lokal menuju kemajuan dan martabat bangsa Indonesia,
Peserta diusulkan dan dibiayai oleh Pemerintah Daerah, dinas –dinas pemerintah di daerah, institusi, dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah.

2. Ujian Tulis
Diadakan untuk memilih calon mahasiswa baru yang berkualitas denagn kemampuan akademik dan potensi unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan di UGM sesuai batas waktu yang telah ditetapkan.
Materi seleksi meliputi Tes Potensi Akademik, Ilmu Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Ujian dilaksanakan di Yogyakarta, Semarang, Madiun, Jakarta, Tangerang, Cirebon, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan, Lhokseumawe, Bandar Lampung, Batam, dan Mataram.

3. Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri(SNMPTN)
Pada program ini UGM menerima sebanyak-banyaknya 18% dari total daya tampung.
Diselenggarakan oleh Panitia Pusat SNMPTN.

4. Seleksi international undergraduate program (IUP UGM)

Pada program ini, UGM membuka sebelum diselenggarakannya SNMPTN sehingga bisa kalian jadikan pilihan awal. Program ini tentunya memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan program reguler yang ditawarkan pihak UGM.

Jika kalian ingin sukses masuk IUP UGM,  Hubungi kami di :

Kontak Kami

 

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
Jalur Masuk Fakultas Kedokteran UGM
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment