TIPS DAN TRIK MENGHADAPI TEST FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) IUP UGM

Focus Group Discussion
Focus Group Discussion

Focus Group disscusing test atau FGD adalah suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu masalah tertentu. Karakteristik Diskusi Kelompok adalah jumlah peserta Diskusi terbatas (biasanya terdiri dari 4 orang dalam satu kelompok), dengan harapan agar setiap peserta mendapat kesempatan untuk berbicara, berpendapat dan terlibat aktif dalam diskusi. Setiap anggota kelompok akan diberikan waktu sekitar 15 menit untuk mempersiapkan argument yang menyatakan posisinya dalam topik tersebut.

Contoh:
Topik: Pemilihan umum seharusnya diwajibkan bukan dibuat suatu hak
Argument: saya yakin bahwa, seharusnya pemilu diwajibkan……
Setelah itu sesi diskusi akan dibuka,setiap anggota kelompok harus mengemukakan pendapatnya dan juga harus menanggapi pendapat dari anggota diskusi lainnya, waktu sesi ini adalah 20 menit.
Dalam tes yang dilakukan terdapat beberapa poin penilaian yang dilihat dari pengawas. Berikut beberapa penilaian yang dilakukan :
1.      Inisiatif
Adanya inisiatif peserta dalam group discussion menunjukkan bahwa peserta tersebut memiliki jiwa kepemimpinan dan confidence yang baik. Peserta yang bisa memulai diskusi, memberikan solusi, dan mengingatkan masalah waktu akan mendapatkan poin lebih
dari pengawas.
2.      Ide atau Solusi
Semakin peserta mampu menuangkan ide dan solusi yang baik dan sesuai, maka anda boleh berharap untuk memperoleh poin lebih dari pengawas. Jadi jangan sia-siakan kertas yang telah dibagikan oleh pengawas, tuliskan saja ide atau solusi yang bisa anda lakukan dengan baik.
3.      Sampaikan ide dan solusi
Sampaikan ide dan solusi anda terhadap masalah yang ada dalam kertas bacaan, jika perlu anda dapat menjelaskan melalui didepan dengan menggunakan papan tulis seperti anda sedang berpresentasi. Karena pengawas akan melihat bagaimana anda dalam menyampaikan ide dan solusi saat berada  dalam ruang diskusi.
4.      Mampu mengarahkan diskusi
saat anda berhasil membuat kelompok diskusi anda menjadi hidup, otomatis pengawas akan memberikan nilai lebih kepada anda. Namun, saat mengarahkan sebaiknya jangan terlalu memaksakan kehendak, karena dalam kelompok
anda harus mengedepankan pengambilan keputusan dengan cara mufakat. Dalam kelompok, selain ide anda juga ada ide dari teman-teman anda yang juga harus diperhatikan dan dijadikan bahan pertimbangan.
5.      Kepedulian
Jika dirasa anda belum dapat melakukan poin ke-empat, ada baiknya anda membantu peserta lain yang mungkin terlihat kurang aktif atau belum mengemukakan pendapatnya.
Setelah kita mengetahui kriteria penilaian dalam tes GD, berikut ini merupakan beberapa tips dan trik yang dapat anda lakukan agar lolos mengikuti tes GD.
a)     Tulis dengan jelas dan singkat tentang ide, solusi dan permasalahan yang anda temukan dalam kertas bacaan. Untuk mempermudah dalam meringkasnya, anda dapat menggunakan format penulisan seperti berikut ini.
IDENTIFIKASI SITUASI DAN MASALAH
a. …..
b. …..
c. …..
SOLUSI TERHADAP PERMASALAHAN
a. ….
b. ….
c. …
Tapi usahakan anda tetap bisa sesuai. Dalam memberikan pendapat sesuai dengan situasi yang ada dan jangan berlebihan.
b) Apabila dirasa para peserta telah selesai membaca dan diskusi sudah dimulai, anda bisa membuka
diskusi terlebih dahulu sebab hal tersebut juga akan menambah nilai positif untuk anda.
c) Sampaikan pendapat dimulai dengan bertanya. Jika kebanyakan peserta mengemukakan pendapatnya dengan
mengatakan “menurut pendapat saya….” atau “Pandangan saya mengenai masalah ini
…”. anda dapat menggantikan dengan “Bagaimana menurut teman-teman apabila permasalahan
ini …”. Cara tersebut juga merupakan nilai tambah untuk anda, karena anda bisa membuat
para peserta memberikan sanggahan atas pendapat anda dan membuat suasana
diskusi menjadi lebih hidup.
d) Apabila ada pendapat peserta lain yang kira-kira tidak sesuai dengan pandangan kita, anda dapat melakuan
debat namun tetap elegan . Sampaikan pendapat anda secara cerdas dan komprehensfi, dan tunjukan bahwa pendapatnya baik tapi pendapat anda lebih baik.
e) Apabila waktu diskusi telah selesai, anda dapat mengingatkan kepada peserta lain. Jika dalam diskusi
tersebut belum ada kesimpulan, maka anda dapat mengarahkan mereka pada sebuah
kesimpulan.
f)       Be confident, smart dan meyakinkan. Dari penampilan hingga tutur kata anda harus diperhatikan, karena Untuk melakukan semua itu anda harus berpenampilan yang baik dan memiliki wawasan yang luas dan tentu saja berhubungan dengan jurusan yang anda minati.

Jika kalian ingin sukses masuk IUP UGM,  Hubungi kami di :

Kontak Kami

 

 

Summary
Review Date
Reviewed Item
TRIK MENGHADAPI TEST FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) IUP UGM
Author Rating
51star1star1star1star1star

Leave a Comment